Senin, 25 Agustus 2014

Pengalaman Jalan Jalan dengan AVIA TOUR INDONESIA

Hai semua, hari ini saya akan share pendapat saya tentang perjalanan saya dengan Avia Tour Indonesia. Sebelumnya akan saya informasikan bahwa pendapat ini adalah pendapat pribadi saya tanpa ada sponsor apapun dari pihak Avia Tour. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan pembaca sekalian jika kalian ingin berpergian dengan tour di liburan berikutnya.




Tujuan liburan saya kali ini adalah ke China dan ini merupakan kali pertama saya ke China, sekaligus juga kali pertama saya menggunakan jasa tour agency. Saya mulai mencari paket paket tour dari bulan Mei, tips untuk kalian yang ingin berpergian di bulan high season ( lebaran, natal, tahun baru, liburan sekolah) sebaiknya mulai rencanakan dan cari paket tour kurang lebih 2 atau 3 bulan sebelumnya. Saya ingin berangkat tanggal 25 July, namun ketika saya menelepon beberapa tour agency kebanyakan sudah penuh dan yang tersedia hanya tanggal 23 July atau mundur ke 29 July dan 1 Agustus. Saya berpergian dengan keluarga besar beranggotakan 10 orang dan 1 bayi, memang agak sulit jika berpergian dengan keluarga besar mengingat jumlah yang banyak maka dari itu sebaiknya direncanakan 2 atau 3 bulan sebelum keberangkatan.

Setelah mencari lagi ternyata saya dapat di Avia Tour tanggal 26 July. Meskipun molor 1 hari namun kami merasa paket ini paling cocok untuk kami. Paket yang kami ikuti adalah China Highlight by SQ selama 10 hari 8 malam. Beberapa kota yang kami kunjungi antara lain Beijing, Hangzhou, Huangshan, WuZhen, SuZhou, ShangHai. Dalam kepergian kami terdapat 7 kali kunjungan ke toko pemerintah yang wajib yaitu foot massage, baoshu tang, jade, tea, silk, bamboo carbon, dan jewelry). Kami menggunakan pesawat Singapore Airlines. Harga yang kami keluarkan kurang lebih $ 1935 untuk biaya tour dan airport tax international plus Rp 725.000 untuk biaya pembuatan visa dan airport tax Indonesia. Harga tersebut diluar tipping untuk tour guide yang diberikan kepada tour leader di akhir acara. Ketika saya tanyakan, standard Avia Tour sendiri $7-$8 orang per orang dan dihitung per hari. Anda tidak perlu khawatir karena di akhir acara Tour leader akan memberikan rincian tipping yang harus diberikan. Jika anda merasa puas dengan pelayanan mereka anda boleh menambahkan tipping tersebut.

Berbicara mengenai pelayanan, saya merasa pelayanan di Avia Tour cukup memuaskan. Saya mengurus perjalanan saya sekeluarga di Avia Tour cabang Central Park dengan Kak Muti. Dari awal kami berkunjung untuk bertanya tanya beliau memberikan penjelasan yang jelas. Untuk informasi kami membawa 2 kursi roda dan 1 stroller bayi, hal tersebut juga kami sampaikan dan kami juga diberikan penjelasan bahwa memang tour guide yang ikut hanya 1 orang jadi tetap harus ada dari keluarga kami yang bantu mendorong, dan memang ada beberapa jalanan yang sulit dilalui kursi roda sehingga harus berjalan. Kami tidak masalah dengan itu. Lalu kami pun mebayar DP tanda jadi.

Dari situ pelayanan Avia Tour pun saya rasa cukup memuaskan, mereka tetap keep in touch dengan kami untuk mengumpulkan berkas berkas, selain itu juga mereka menanyakan apakah kursi roda di airport mau menggunakan milik airport atau punya kami sendiri. Sebelum saya ikut Avia Tour, saya sempat membaca beberapa review bahwa ada beberapa perusahaan tour yang jarang menghubungi customernya atau dalam arti lain, customernya sendiri yang harus mencari cari pihak tour tersebut untuk menanyakan kabar perjalanan atau berkas berkas mereka yang harus dilengkapi. Komunikasi Avia Tour dengan pelanggan cukup baik saya rasa. 4 hari sebelum keberangkatan pihak Avia Tour mengirimkan saya email yang berisi hal hal yang berlu diperhatikan selama berkunjung di China, daftar hotel, serta final ittinerary. Selain itu tour leader yang bernama Kennedy juga menghubungi untuk menginfokan tempat berkumpul di bandara serta menanyakan apakah kita mempunyai kebutuhan khusus atau pantangan makanan.  

Tiba di hari keberangkatan sesampainya di Bandara sudah ada pihak Avia yang menyambut kami, membawakan troley untuk koper kami dan kami diantar ke meeting point. Setelah itu kami bertemu dengan Kennedy, lalu kami dibagikan paspor, dan tiket check in, setelah itu kami menuju counter imigrasi (sangat ramai disaat high season), lalu menunggu di gate keberangkatan. Selama kepergian kami di China, Kennedy yaitu tour leader kami pun saya rasa sangat membantu keluarga kami dengan 2 kursi roda dan stroller. selain itu ketika keluar masuk koper pun ia membantu mengangkatkan koper. Selain itu dia tidak lupa selalu menghitung keberadaan anggota tour sebanyak 25 orang dan 1 bayi. Ketika sampai di hotel juga beliau selalu memastikan ke setiap kamar bahwa kamar kami tidak bermasalah. Overall saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan tour leader kami.

Untuk akomodasi, hotel yang dipilih Avia Tour selama perjalanan kami semua memuaskan, nyaman, dan bersih. Hotel yang dipilih Avia Tour berstandard bintang 4. Beberapa hotel selama saya menginap akan saya review di post selanjutnya. Tour leader yang dipilih pun cukup berpengalaman dan tahu betul tentang China. Setiap hari kami diberikan 1 botol air mineral. Kalau untuk makanan, memang mungkin rasa dari makanan di China sendiri sedikit hambar sehingga kalau untuk makanan saya tetap memilih makanan Indonesia. Kennedy juga tidak lupa selalu menawarkan saos sambal dan saos terasi untuk kita setiap acara makan. Pembagian waktu selama acara berlangsung juga sangat baik. Di hari terakhir acara kami akan dibagikan questionare atau angket yang kami isi seputar pelayanan tour leader dan tour guide local kami. Ketika kami pulang, sehari kemudian pihak Avia Tour langsung menghubungi kami untuk menanyakan secara keseluruhan tentang perjalanan kami, apakah kami puas atau kami punya keluhan yang ingin disampaikan. Secara keseluruhan saya rasa saya akan mempercayakan perjalanan saya berikutnya ke Avia Tour lagi. Terima kasih Avia Tour.

Thank You for reading, you can reach my personal social media account through
instagram @ivone9694 ; twitter  @ivonexoxo ; askfm @ivoneliu ; email me  ivonefiles@gmail.com

3 komentar:

  1. hai sis, mau tanya saat pembuatan visa di aviatour untuk ke china itu berapa lama ya sis?? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi aku waktu itu kalo ga salah sekitar 1 minggu jadi deh, usahain kasih data yang lengkap aja biar mempermudah dan mempercepat prosesnya juga. Hope this one help. :)

      Hapus
  2. Hi, Ivone! Salam kenal. Saya berencana membawa kedua orang tua saya ke china nih.
    Plan sih antara musim gugur / semi. Pas kamu pergi kan summer ya, waktu itu gimana cuaca dan suhu di sana?
    Dari semua kota yg kamu kunjungi, yg mana yang the best and the worst?
    Plus total biaya tur per orang jadinya berapa yah?
    Thanks!

    BalasHapus